Halaman

Cara Meloloh Piyik Lovebird

Cara Meloloh Piyik Lovebird bagi pemula bikin penasaran,
teknik merawat anakan love bird dg alat suntik (spet) dibutuhkan teknik proses yang signifikan, adanya anakan burung labet merupakan indikasi tingkat keberhasilan dalam ternak lovebird, puncak klimaks kesenangan penangkar burung cinta ketika mendapati telur menetas dengan sukses, hati tentu berbunga dan perasaan pun riang gembira, perawatan piyik lovebird juga penting ketika anda ingin agar periode indukan lebih di persingkat dg harapan berhasil cepat. Warna juga paling tidak mempengaruhi nilai harga, ada cukup banyak variasi color bulu labet (kacamata), ada pastel hijau (ijo), pastel kuning, lutino mata merah dan hitam, ijo standart, hijau standart, blorok dll. (hand feeding / meloloh)

Tutorial Cara Meloloh Piyik Lovebird :

Asumsi anakan labet belum bisa ambil makan. tips ini versi fafan fido gresik.
  1. Ambil piyik labet 1 ekor. perlahan dengan penuh kasih sayang (lemah lembut :D)
  2. Periksa tembolok anakan love bird anda. lokasi tempat tembolok ada di sekitar antara leher dan dada burung.
  3. Bila tembolok kosong maka siapkan peralatan yang berisi  bubur untuk ransumnya. dalam hal ini menggunakan spet atau suntikan, ingat ! jarumnya tidak ada atau diambil dulu :D
  4. Posisi burung bisa anda pegang di tangan atau di taruh di bawah dg landasan kasar agar kaki piyik bisa bertengger dg mencengkram jos, tergantung anda mana kondisi yg enak.
  5. Tangan kiri pegang burung dibantu jari tangan kanan untuk membantu paruh agar terbuka.
  6. Lalu tangan kiri menahan paruh agar tetap membuka.
  7. Ambil suntikan yg sudah diisi makanan bubur bayi, ujung suntikan bisa diberi pentil. fungsi ujung suntikan dari pentil dengan tujuan diharapkan agar si piyik tidak terluka.
  8. Tekan suntikan dengan cepat tapi benar, kalau dg perlahan maka kemungkinan piyik akan tersedak, kasihan anakan labet anda. Atau anda bisa melihat sekilas ke teman yg meloloh piyik labet, lihat kecepatan menekan spet. ingat ! jangan terlalu banyak sekali, kasihan dong.
  9. Periksa tembolok sekali lagi, bila dirasa cukup maka tidak usah ditambah lagi.
  10. Sebaiknya bersihkan sisa makanan disekitar paruh dan bulu burung.
Mudah bukan tips trik memberi makan pada piyik lovebird, mohon maaf bila ada yg salah pada artikel ini, untuk kritik dan saran bisa anda tulis di kolom komentar dibawah.

Sekian artikel ini dibuat dengan penuh kesenangan, semoga kita semua bisa melestarikan kehidupan burung. postingan diatas tentang Cara Meloloh Piyik Lovebird

Tidak ada komentar:

Posting Komentar